Image

[after 2 months on hold] my July partner in shoes story: @mykindofperson

An illustration I made on 2010

The only thing I can tell you is My Kind of Person is a She. A kind hearted she. I draw this illustration for her blog header on April, 2010. How time flies so fast. Since the beginning she want to be anonymous just like all of shoes stories in her blog.

5 facts about My Kind of Person:

  1. We’re being best friends since 2006. It’s a very long time for a ‘not good in keeping in touch’ person like me.
  2. She’s everyone best friend (like literally everyone), that I really admire. We both are under the same zodiac sign (Pisces) but she’s the friendly extrovert kind and I’m the introvert selfish bitch.
  3. Creative is her middle name. Once we’re working together in the same office and I always amaze by her ideas. I envy her for that.
  4. As we grow up we’re not spending time together very often like we used to. She’s out there, socializing, meeting new people, and make new best friends. While I’m too lazy to going out and become too comfortable with the idea of solitude, and spending time with my self a lot. But deep down I know we’re meant to be friends, no matter how different we are.
  5. She write in this simple, naive, and touching way. Everytime I visit and read stories in her blog, I wish I have her mind a bit. She have this weird and funny point of view of life and others. She have this ability to always look the good side of others, the most non-judgemental person I’ve ever met.

Some stories that I love the most:

“Tapi … kankernya hilang kan?”
“Iyaaa udah mengecil kok …”

Sebagai contoh, sepatu ini milik kakak beradik yang sangat akrab satu sama lain.
Yang seru, mereka main bareng, temen-temennya sama, saling support satu sama lain.

Depression is not a sign of weakness. It is just a sign that you have been strong for too long.

Emang gak selamanya kanan dan kiri itu harus sama. Mungkin ada kalanya kita melakukan suatu hal yang dianggap gak masuk akal oleh orang-orang sekitar. Tapi ya itu tadi, kenapa harus ngikutin apa yang dijalani orang-orang pada umumnya?

So pure.

Image

[after 3 months on hold] my June partner in collage: @vantiani

faceless head series #18: Vantiani

Note: Sorry for the rude #12for2012 delay. 2012 been crazy with unplanned things. Which is great actually, I always love unplanned days and life.

5 facts about Ika Vantiani:

  1. A free spirited, zine maker, crafter, photographer, punk at heart, friendly, and a talented writer. A true renaisssance woman.
  2. She’s one of very few people with the positive personality. I love spending time with her. She never fail to inject this weird (in a good way) positive spark in my mind.
  3. She’s very confident about herself and her works. No matter what people say she just keep doing her own things. Which I really admire.
  4. We share the same love for ayam penyet Bu Kris :)
  5. Her art is not a general art form in Indonesia. She make beautiful collage work that I’d love to collect someday. Cut and glue technique it’s really hard to be done, need a serious amount of patience and sensitivity. Also she have this obsession with vintage stuff and it pretty much affect her works.

Some of Ika Vantiani’s collages that I love the most:

Her latest zine: I wish I am a camera

The truth is we haven’t talk about our collaboration. She’s busy preparing her upcoming exhibition and me busy with bla…bla…bla. But we both willing to make this happen. It always better late than never, right?

xx

my May partner in illustrated motion: @curutsalto

faceless head series #1: Dmaz

5 facts about Dmaz Brodjonegoro:

1. He’s the first person that made me come to the idea of faceless head series from people that I care the most or inspire me. Thankyou!

2. He’s THE multitalented person,  illustration and video direction all at once. The real multitalented, not the fake one who just pretend and showing off that they can do it all. You know the difference right?

3. He’s having this weird phobia … while I love polkadots very much, he hated it, like really hate it. It’s his lost because he will never understand about Yayoi Kusama’s beauty (cough).

4. He’s one of those few people who start their career not as an assistant to anyone, which is amazing. I know he will make it happen.

5. He’s always out there, making new friends, talking to new people, and get amazing opportunities. I should learn from him to get my self out there more often, and it’s hard because I’m so in love for being alone making stuff in my room, it’s my lazy ass not me.

Some of Dmaz’s illustrations that I love the most:

Kenzo for Elle Indonesia
Our amazing friend: @Clanirella
Love her too

Last year we’re working on “White Lilies” Imela Kei feat. The Trees and The Wild video clip. It was my first time working on a motion project as an Art Director, scared at first and super excited through the process. I love Ten2Five since I was in my college years and who doesn’t love the whimsical sounds from The Trees and The Wild? So yeah it’s like a dream project. I’m pretty pleased with the end result, sometimes I’m too easy to please.

And finally after almost a year, the video launched together with Dmaz’s birthday back on 22 May. Happy birthday again Dmaz! Please enjoy the video :)

Lala Bohang@lalabohang

Dear @curutsalto good morning and happy birthday. I always wish you the best and all your great dreams will soon come to your plate. Soon ♥

Behind the scene photos grabbed from the stylishly talented Ario Achda:

Do you like it? Feel free to give me your thoughts xx

my March partner in craftivisim: @vitarlenology

faceless head series #17: Tarlen

Craftivism in everyday life. ~Vitarlenology

Tarlen Handayani is the founder of Tobucil (if you’re a bookworm of course you’ll love or already know about this place) that makes me one of her biggest fan along time ago when I was still living in Bandung.

She is a very crafty person with 10 magic fingers that never fail to create handmade notebook that always be the joy for my eyes. For March she already have this personal project called “March Project”. Where she create handmade notebook from stuff around her like shopping bag, photo frame, vintage book, etc. This project show that sensitivity and creativity from our mind are the ultimate source to create something. Everything around us are amazing already, it’s our job to make them become more valuable than before.

So, these are my favourite notebooks from her:

Last year she invite me to collaborate with her and of course I said yes! The collaboration accidentaly become my March 12for2012 project. I’m very sorry for this rude lateness but better late than never right? We will collaborate on a notebook project (of course) which is really need Tarlen’s latest weapon named Franco (yes, James Franco). Hopefully we can publish the end result on April. Be nice Franco :)

Thank you and have a nice last day of March people!

Iris e-book & mixtape | our Valentine present for you #12for2012

Akhirnya e-book Iris kolaborasi dengan Sundea selesai juga :)

Nikmati ceritanya sambil mendengarkan mixtape ramuan Sundea:
Opposite of Hallelujah – Jens Lekman
Rainbow – Lee Ritenour
Rainbow Connection – Kermit the Frog
Pelangiku – Sherina
Waiting in Vain – Ituana
Sleeps with Butterflies – Tori Amos
Gone Too Soon – Michael Jackson
Rintangan – Karimata, Lydia Nursaid, Dian Pramana Poetra
The Lady Wants to Know – Michael Franks

Cover ini pun dibuat sambil mendengarkan mixtape Iris, menyenangkan sekali.

Teman-teman silahkan unduh e-book dan mixtapenya di sini. Dan akhir kata, selamat hari kasih sayang, mari menyayangi untuk disayangi!

xx

12 for 2012 with Sundea: [ ......... ]* chapter 3

Jika belum sila baca [ ......... ]* chapter 1 dan 2

CHAPTER 3

“Kamu mencari ujung pelangikan? Buka jendela kamar kamu,” suruh suara itu.

Manik terkesiap. Dengan segera ia membuka jendela kamarnya.

Ternyata ujung pelangi jatuh persis di depan kamar Manik, membuat paving block jadi warna-warni. Pelangi itu sendiri terlihat seperti rambut yang sangat panjang. Manik tengadah mencari pangkalnya, tapi tak terlihat.

“Jangan khawatir, sebentar lagi kering. Nanti warna jendela dan paving block-mu akan kembali seperti sediakala,” ujar suara itu.

“Jadi pelangi itu apa, sih? Rambut?” tanya Manik sambil melompat keluar lewat jendela kamarnya. Disentuhnya ujung pelangi yang lembab. Tangan Manik juga jadi warna-warni.

“Iya.”

“Kenapa basah?” tanya Manik lagi.

“Karena baru dikeramas. Kamu tahu, nggak? Hujan itu air keramasku,” sahut denting itu lagi.

“Air keramas? Mhuaaaaahahahaha ….,” Manik terbahak-bahak.

“Kok tertawa, sih?” tanya suara itu.

“Karena kakakku selalu mengganggap hujan itu …. bagaimanaaaaa, begitu.”

“Kakakmu suka membuat puisi, lagu, atau cerita-cerita romantis, ya ….?”

“Iyaaaa … kok kamu tahu? Kakakku suka menulis puisi.”

“Biasanya air keramasku ini memang menginspirasi mereka, membawa mereka pada romantisme tertentu. Aku juga tidak tahu apa yang membuat air keramasku dianggap begitu galau dan sendu. Mungkin wangi shampoku yang membius mereka. Bau hujankan memang khas.”

Manik berjongkok menghirup aroma pelangi. Tetapi ternyata baunya berbeda dengan hujan.

Jika hujan tercium seperti aroma tanah basah, pelangi lebih tercium seperti bunga-bunga yang baru tumbuh.

***

Sebentar kemudian pelangi kering. Warna-warni di tangan, paving block, dan jendela kamar Manik menghilang. Manik kembali menyentuh pelangi yang ternyata agak kusut.

“Namanya juga rambut yang baru dikeramas,” kata suara asing yang berdenting dan lama-lama terdengar semakin menyenangkan bagi Manik.

“Aku sisir, ya,” Manik menawarkan.

“Boleh.”

Manik segera masuk ke dalam kamarnya untuk mengambil sisir. Rentang pelangi cukup lebar, tapi tipis seperti kertas buku tulis. Menyisirnya susah-susah gampang. Apalagi Manik hanya dapat menyisir sebagian kecil sekali dari pelangi yang panjang dan berpangkal entah dari mana itu.

Bagian terujung dari pelangi pun rapuh dan pecah-pecah.  “Shampo kamu pasti jelek,” tuduh Manik.

“Shampoku bagus. Tapi pelangi inikan panjang sekali, makanya tipis dan pecah-pecah.”

“Apakah pelangi akan tumbuh kalau dipotong?” tanya Manik.

“Iya, sih, tapi pelangi harus selalu panjang agar bisa digerai seperti ini sewaktu-waktu.”

“Ah, banyak aturan. Kalau aku potong ujung-ujungnya saja, bagian yang pecah-pecah, boleh, tidak?” tanya Manik.

“Hmmm … sepertinya tidak apa-apa.”

Manik melompati jendela kamarnya untuk mengambil gunting. Selanjutnya, perlahan-lahan ia mulai memangkas ujung-ujung pelangi yang pecah-pecah dan tidak sehat.

Setelah selesai menyisir dan menggunting ujung pelangi, Manik membuat kepangan kecil-kecil dengan hati-hati agar pelangi yang sudah tipis dan rapuh itu tidak rontok. Sepertinya pelangi suka dikepang-kepang. Ia jadi merasa cantik meski hanya Manik yang dapat melihat kepangan yang tak bermulai dari pangkal rambut itu.

“Hei, terima kasih ya karena sudah merawat rambutku. Sekarang pelangi ini harus digelung lagi,” kata suara berdenting itu ketika waktu beranjak petang.

“Tunggu dulu. Kalau pelangi cuma rambut kamu, siapa kamu sebetulnya?” tanya Manik.

“Siapa aku? Bergantung apa yang kamu maksud dengan ‘siapa’,” kata suara berdenting itu lagi.

Manik terdiam. Ia mengamati pelangi tergelung perlahan, membentuk sanggul kecil dengan latar lembayung ungu-oranye-merah muda. Cantik sekali. Manik belajar bahwa tak semuanya harus tersimpul dan tak semuanya harus terurai. Tak selamanya pelangi harus tergelung, tak selamanya pula harus tergerai.

Sore itu Manik memutuskan untuk menggambar potongan-potongan pengalamannya bermain dengan pelangi yang entah rambut siapa itu …

 ***

 Tingtong …

Bel rumah berbunyi.

“Maniiiik … tolong bukakan pintu!” seru Intan.

Bersambung …

 

*) judul akan ditampilkan setelah cerita bersambung ini selesai :)

_

Cerita: Sundea
Ilustrasi: Lala Bohang

12 for 2012 with Sundea: [ ......... ]* chapter 2

Jika belum sila baca [ ......... ]* chapter 1 di sini

CHAPTER 2

Intan mengalihkan pandangannya. Sebuah pelangi menjuntai entah dari mana sampai ke mana. Warnanya lembut, namun jelas. Langit yang semu tidak menyamarkannya.

“Bagus, ya, Kak,” kata Manik seraya menempelkan wajahnya di jendela mobil.

“Iya. Hujan dan pelangi itu satu paket. Keduanya indah. Keduanya puisi,” sahut Intan.

“Tapi pelangi bagus. Hujan biasa-biasa saja,” kata Manik sambil masih memperhatikan pelangi selekat-lekatnya.

Intan hanya tersenyum kecil.

“Kak, kayaknya ujung pelangi itu ada di rumah kita, deh,” ujar Manik.

“Oh, ya? Bisa jadi. Kita lihat saja.”

“Ngebut, Kak.”

“Nggak mau.”

Manik memanyunkan bibirnya.

  ***

Pintu gerbang rumah adalah avant garde untuk Manik. Begitu mobil mereka berhenti di depannya, cepat-cepat Manik melompat keluar. Ia sudah berlari ke kebun belakang ketika mobil tengah merayap masuk ke dalam garasi.

Gerbang

Manik ingin cepat-cepat melihat ujung pelangi. Ia yakin pangkal warna-warna itu ada disana.

…. tapi ternyata keyakinan bisa juga salah.

“Ada, Dik?” tanya Intan yang menyusul kemudian.

Manik menggeleng kecewa.

It’s ok,” ujar Intan sambil membelai rambut adiknya. “Setidaknya kamu pernah melihat indah pelangi. Seperti orang yang pada akhirnya patah hati setelah jatuh cinta, kita tak selalu berhasil melihat ujung pelangi di batas kisah.”

Manik tidak mengerti.

“Saat melihat bias warnananya di perjalanan, kamu menemukan esensi pesona dalam indah pelangi itu sendiri, Dik.”

“Apa itu esensi?” tanya Manik.

Tapi Manik tidak sungguh-sungguh ingin tahu. Ia lebih ingin tahu di mana sesungguhnya ujung pelangi itu daripada arti kata esensi.

Intan pun tak sungguh-sungguh ingin tahu isi pikiran adiknya. Maka, sebelum Manik bertanya apa-apa lagi, ia masuk ke dalam rumah sambil menghela nafas.

***

Manik suka menggambar. Ia menggambar apapun yang menarik perhatiannya atau berkelebat di dalam kepalanya. Pelangi adalah keduanya. Maka pergilah ia ke dalam kamar untuk mulai menggambar.

Meja belajar Manik persis menghadap ke jendela. Jika hari masih terang, Manik tak perlu menyalakan lampu. Setelah hujan lebat siang itu, sore jadi berlimpah cahaya. Manik suka hari yang cerah. Maka, sambil menyanyikan lagu-lagu yang menyenangkan, Manik mulai menarik garis di kertasnya, sampai …

CEPLAK!

“Maaf, maaf,” ucap sebuah suara yang entah dari mana datangnya. Manik tak mengenal suara itu. Bukan suara anak-anak, bukan juga suara orang dewasa. Belum tentu suara perempuan, belum tentu juga suara laki-laki. Suara tersebut ringan seperti denting.

Manik terperanjat. Gambarnya tercoret. Sesuatu yang entah apa tampak baru saja menampar jendela kamarnya dengan warna-warni. Warna-warni tersebut luruh di permukaan kaca seperti cat yang belum kering.

Manik menegakkan tubuhnya dan mengambil sikap waspada. “Siapa kamu?” tanya Manik.

“Siapa aku? Bergantung apa yang kamu maksud dengan ‘siapa’.”

“Kamu seperti kakak aku, deh. Kadang-kadang ngomongnya nggak jelas. Siapa kamu?” Manik mengulang pertanyaannya. Kali itu lebih tegas.

Bersambung …

*) judul akan ditampilkan setelah cerita bersambung ini selesai :)

_

Cerita: Sundea
Ilustrasi: Lala Bohang

12 for 2012 with Sundea present [ ......... ]*

CHAPTER 1

Manik mengintip apa yang ditulis kakaknya di atas selembar tisu. Kakaknya, Intan, menjadi risih.

“Ngapain kamu, Dik?”

“Ngintip,” sahut Manik seadanya.

“Pindah duduk ke depan aku saja sana, jangan ngintip-ngintip. Kalau mau pesan minum lagi, pesan saja,” suruh Intan.

“Kalau pesan es krim boleh?” tawar Manik.

“Teh!” tegas Intan.

Maka Manik berlari-lari ke bar, memesan segelas teh panas lagi, kemudian kembali duduk. Kali itu bukan di samping Intan, melainkan di depannya.

Intan selalu suka hujan. Jika hujan turun dan kebetulan ia sedang ada dekat-dekat jendela, pasti begitu kelakuannya. Duduk dengan tatapan seperti orang habis dibius, kemudian tiba-tiba menulis puisi. Ia juga sering sengaja datang ke kafe untuk duduk minum kopi berbusa sambil menulis.

Bagi Manik, hujan biasa-biasa saja. Maka ia bosan sekali menemani kakaknya di kafe itu. Ketika tehnya datang, ia mencari kesenangan sendiri. Manik meniup-niup tehnya sampai agak dingin, kemudian menjilat-jilatnya seperti kucing minum susu.

“Manik! Stop it ! Jorok!” Intan memelototi Manik.

Jadi Manik berhenti. Cemberut karena tidak tahu harus bersenang-senang bagaimana lagi.

“Ini sebabnya aku malas mengajak kamu jalan-jalan!”

“Kita nggak jalan-jalan. Kita duduk-duduk,” sanggah Manik.

“Kamu harus tahu apa itu inspirasi, Dik. Inspirasi nggak datang sembarangan seperti nyamuk. Inspirasi datang pada moment-moment tertentu, moment-moment yang menurut aku romantis seperti hujan,” tutur Intan.

Nyamuk juga nggak datang sembarangan. Dia datang kalau Bibi lupa menyemprotkan Baygon, batin Manik. Tapi ia tidak menyampaikannya. Ia memilih duduk meminum tehnya sedikit-sedikit sambil menggoyang-goyangkan kakinya di bawah meja.

Kali itu Intan tidak memprotesnya.

***

Teh Manik sudah habis dan sepertinya Intan sudah menyelesaikan puisinya.

“Sudah? Yuk, pulang,” ajak Intan.

Manik sumringah.

“Karena kamu sudah baik, aku belikan es krim. Pilih nanti di Supermarket, ya,” kata Intan sambil mencubit pipi Manik.

Senyum Manik semakin lebar.

Dua bersaudara itu berjalan menuju supermarket mall. Intan menggandeng Manik yang melompat-lompat girang.

Jarak usia Intan dan Manik cukup jauh. Manik baru berusia delapan tahun, sementara Intan sudah sembilan belas tahun. Mungkin karena rentang usia juga, apa yang mereka sukai pun jauh berbeda. Intan suka menguraikan cinta dengan bahasa yang berbunga-bunga, sementara Manik tidak ingin jatuh cinta.

“Teman laki-laki aku nakal-nakal. Jadi aku nggak akan jatuh cinta,” kata Manik.

“Cinta tidak selalu indah, kok, Dik. Patah hati, cinta yang tak berbalas, juga bisa menjadi puisi. Bahkan kadang-kadang puisi yang lebih dalam,” tanggap Intan.

Manik memanyunkan bibirnya.

“Suatu saat kamu akan mengerti apa itu cinta dan apa itu kegalauan, dan hubungannya dengan hujan, Dik,” ujar Intan sambil mengusap rambut adiknya.

Manik tidak menjawab. Tapi dia merasa tak akan pernah mengerti.

***

Manik menikmati es krim pilihannya dalam perjalanan pulang. Intan mengemudi sambil sesekali turut menyenandungkan lagu Someone Like You – Adele yang melantun dari tape mobil. Sementara Intan tenggelam dalam lagu sedih yang terkurung di dalam mobil mereka, perhatian Manik terapung ketika melihat warna-warna cantik yang membias di luar jendela mobil.

“Kak, lihat ….,” tunjuk Manik.

Bersambung …

*) judul akan ditampilkan setelah cerita bersambung ini selesai :)

_

Cerita: Sundea
Ilustrasi: Lala Bohang

my January partner in fiction tale

faceless head series #15: Sundea

Sundea is the founder of the oh-my-so-creative Salamatahari zine and also the too-sweet Card to Post community.

She is that kind of person who has this extremely quirky loveable imagination about everything. I always get fascinated by her ability to write such a beautiful tale based on tiny details from her ordinary daily life such as sun, wind, bus, or even her shoes. Her unique point of view for every story she made never fail to makes me giggles.

These are my favourite lines from her:

Kamis adalah hari keseimbangan yang ada di antara Senin-Selasa-Rabu dan Jumat-Sabtu-Minggu.

Jika kita mengenali ke mana kemonsteran kita tumbuh menyimpang, kita dapat menjadi monster yang baik-baik saja. Ingatkah kamu pada monster-monster dalam film Monster Inc. dan serial Sesame Street?

Akar mengikat tumbuhan pada tanah. Bukan untuk membatasi ruang geraknya, tapi justru untuk membiarkannya tumbuh seluas-luasnya.

Along January we will working on an illustrated fiction tale series (it will be in Bahasa). Hope you will enjoy the journey as much as we do :)

Last but not the least. It feels really great to work with the person whose imagination I envy with, pardon my Pisces attitude.

xx